Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam kemampuan membaca permulaan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat anak dalam mengikuti pembelajran yang diberikan guru di sebabkan media pembelajan yang di berikan oleh guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media flash card mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di TK Harapan Bunda Situmbuk.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Harapan Bunda Situmbuk pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 15 orang terdiri dari anak laki-laki 8 orang dan anak perempuan 7 orang. Data tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan diperoleh dari lembaran observasi indikator peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan yang terdiri dari lima indikator, dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pelaksanaan kegiatan siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan.
Kondisi awal kemampuan anak membaca permulaan masih rendah hal ini dapat dilihat dari hasil observasi awal dimana hasil rata rata kemampuan anak membaca permulaan BSB 0 % , dan BSH 20 %. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan membaca permulan dengan rata-rata BSB 5,3% dan BSH 54,7% dibandingkan dengan kondisi awal. Sedangkan pada siklus II BSB 49,4% dan BSH 49,3%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media Flash Card di TK Harapan Bunda Situmbuk