Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak tentang konsep bilangan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat anak dalam mengikuti pembelajaran tentang konsep bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan Kemampuan tentang konsep bilangan pada anak kelompok B1 di RA Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 di RA Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto pada Semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 15 orang dengan jumlah anak laki-laki 7 orang dan anak perempuan 8 orang.
Data tentang meningkatkan kemampuan konsep bilangan diperoleh dari lembaran observasi indikator meningkatkan kemampuan konsep bilangan yang terdiri dari lima sub indikator dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pelaksanaan kegiatan Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan Siklus II tiga kali pertemuan. Kondisi awal kemampuan konsep bilangan anak masih rendah, hal ini dapat di lihat dari hasil kondisi awal dimana hasil rata-rata kemampuan anak tentang konsep bilangan BSH 20% dan BSB 0%. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I terjadi peningkatan kemampuan tentang konsep bilangan anak dengan rata-rata BSH 34,66% dan BSB 9,32% dibanding dengan kondisi awal. Sedangkan pada Siklus II setelah adanya tindakan siklus II BSH 30,68 % dan BSB 61,34%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan tentang konsep bilangan pada anak kelompok B1 di RA Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto.
Kata Kunci: Kemampuan Konsep Bilangan dan Bermain Kartu Angka, PTK