Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kemampuan bicara anak autis di TK Kader Bangsa Bukit Kandung Kab. Solok. Hal ini disebabkan oleh guru yang kurang memahami cara penggunaan strategi pembelajaran yang kurang menarik bagi anak. Penelitian ini untuk membantu anak dalam menigkatkan kemampuan bicara anak autis melalui kartu bergambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kartu bergamabar efektif dalam meningkatkan kemampuan bicara anak autis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subjeck experimental design dengan menggunkan tipe A-B. Subjek peneltian anak yang mengalami gangguan autis di TK Kader Bangsa Bukit Kandung yang berjumlah dua orang anak pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembaran observasi. Teknik analisis data dengan mengguanakan uji statistik. Berdasarkan hasil deskriptif dapat disimpulkan bahwa kemampuan bicara anak autis meningkat melalui kartu bergambar.
Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan besline ( sebelum diberi perlakuan) dan intervensi ( setelah diberikan kegiatan kartu bergambar) Hal ini berarti kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan bicara anak autis di TK Kader Bangsa Bukit Kandung.