Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya karakter peduli lingkungan anak di TK Permata Bunda Cubadak.Hal ini diduga karena metode yang digunakan guru kurang menarik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode karyawisata dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan anak, khususnya dalam aspek dapat membuang sampah sendiri, dapat menyiram tanaman, dan dapat membantu merawat tanaman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk one grouppretest-posttestdesign yaitu dengan memberikan perlakukan terhadap satu kelompok (tidak ada kelompok kontrol) dengan melihat perbedaan antara pretest dan posttest sebagai hasil perlakuan. Maksudnya penulis menggunakan metode karyawisata kepada satu kelompok saja yaitu kelompok eksperimen dengan banyak sampel 10 orang anak, tidak ada kelompok kontrol sebagai pembandingnya. Namun yang diberikan pembanding dalam penelitian ini hasil pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberikan metode karyawisata).
Berdasarkan hasil penelitian melalui kisi-kisi instrumen karakter peduli lingkungan yang terdiri dari membuang sampah sendiri, menyiram tanaman dan membantu merawat tanaman.Hasil yang diperoleh dari aplikasi metode karyawisata terhadap anak yang karakter peduli lingkungannyabelum berkembang menunjukkan bahwa karakter peduli lingkungan pada anak meningkat setelah dilakukan metode karyawisata. Hal ini dilihat dari tabel hasil penelitian masing-masing subjek penelitian bahwa penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan pada anak sebesar 2,83. Berdasarkan analisis perhitungan statistik melalui taraf signifikan 5% terlihat dari t0 lebih besar dari tt maka hipotesis alternatif (ha) diterima, artinya metode karyawisata dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Permata Bunda Cubadak.