Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya perkembangakan motorik kasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ranting Koto Baru. Hal ini diduga karena kurangnya peranan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak, masih terbatasnya media yang digunakan guru untuk mengembangkan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mencari makna bagaimana peranan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ranting Koto Baru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ranting Koto Baru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah guru dan anak yang ada di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ranting Koto Baru yang berjumlah 10 anak pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian secara deskriptif kualitatif menunjukkan sudah ada peranan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ranting Koto Baru yaitu guru sebagai fasilitator, guru sebagai motivator, guru sebagai mediator, dan guru sebagai evaluator. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode bermain dan demonstrasi. Media yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ranting Koto Baru ada dua jenis yaitu media untuk bermain anak yang khusus diletakkan di luar ruangan saja yaitu alat permainan edukatif luar ruangan seperti bola dunia, perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan yang kedua media permainan yang khusus di dalam ruangan saja yaitu alat permainan edukatif dalam seperti perosotan untuk mandi bola, puzzle, DVD, dan wireles. Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ranting Koto Baru masih mengalami keterbatasan media permainan seperti balok belum ada disediakan di sekolah ini. Namun penggunaan media ini disesuaikan dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak. Selain itu yang sering menjadi sumber belajar adalah guru dan anak. Evaluasi yang dipakai oleh guru di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Ranting Koto Baru ada empat jenis yaitu: unjuk kerja, observasi, catatan harian, dan catatan anekdot.