Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kreativitas dalam aspek fluency pada anak di TK Cahaya Buana Gunung Tanjung Baru, Kab. Tanah Datar. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk membantu anak dalam meningkatkan kreativitas dalam aspek fluency melalui metode guided discovery. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode guided discovery dapat meningkatkan kreativitas dalam aspek fluency pada anak di TK Cahaya Buana Gunung Tanjung Baru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre- eksperimen dengan bentuk rancangan one group pretest-posttest. Adapun populasi dari penelitian ini berjumlah 29 orang yang terdiri dari seluruh anak di TK Cahaya Buana Gunung Tanjung Baru, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.
Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa metode guided discovery berpengaruh signifikan terhadap kreativitas dalam aspek fluency pada anak. Hal ini terlihat pada hasil uji-t yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa t0 lebih besar dari ttabel = 11,75 > tt = 3,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode guided discovery berpengaruh signifikan terhadap kreativitas dalam aspek fluency pada anak di TK Cahaya Buana Gunung Tanjung Baru.