Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah rendahnya kemampuan berhitung anak di RA M. Yamin Padang Ganting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan gambar ber-angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di RA M. Yamin Padang Ganting.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah anak Kelompok B1 di RA M. Yamin Padang Ganting. Penelitian ini dilakukan pada Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 15 orang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui lembaran observasi, pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Dari penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan diperoleh data tentang peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan diperoleh dari lembar observasi indikator peningkatan kemampuan berhitung yang terdiri dari empat sub indikator dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pelaksanaan kegiatan Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, Siklus II tiga kali pertemuan. Kondisi awal kemampuan berhitung anak masih rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi awal dimana hasil rata-rata kemampuan anak dalam berhitung BSH 15 % dan BSB 0 %. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak dengan rata-rata BSH 50 % dan BSB 23,3 % dibanding dengan kondisi awal. Sedangkan pada Siklus II BSH 50 % dan BSB 50 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui gambar ber-angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di RA M. Yamin Padang Ganting.
Kata Kunci : Kemampuan Berhitung dan Gambar Ber-angka, PTK