Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan keterampilan motorik halus anak di kelompok A TK Baitul Aman Balimbing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian murid yang ada di kelompok A di TK Baitul Aman Balimbing yang berjumlah 12 anak pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dengan menggunakan alat penggumpulan data berupa lembaran observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara membandingkan hasil rata-rata pre-testdan post-test kedua memakai metode statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak dalam kegiatan menggunting berbagai media meningkat, hasil pre-test 10,75 % (sebelum diberi perlakuan) dan post-test 17,33% (setelah diberikan kegiatan menggunting).
Berdasarkan hasil analisi secara statistik diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan anatara pretes-postest. Hal ini berarti kegiatan menggunting dapat meningkat keterampilan motorik halus anak kelompok A TK Baitul Aman Balimbing.