Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah rendahnya keterampilan proses sains anak di TK Pembina Al-Hidayah Kecamatan Salimpaung, maka untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak tersebut, telah dilakukan melalui permainan magnet dalam sebuah penelitian dengan judul seperti di atas dalam 2 siklus kegiatan. Jenis penelitian ini digunakan adalah penelitian tindakan kelas yaitu kegiatan penelitian yang berupaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar melalui suatu tindakan berbentuk siklus. Melalui tindakan tersebut, guru dapat mencermati secara mendalam permasalahan yang terjadi dan mendapatkan solusi terbaik bagi anak dilingkungan kelasnya sendiri. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1di TK Pembina Al-Hidayah pada semester I bulan Agustus tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 14 orang. Data tentang keterampilan proses sains anak diperoleh dari lembaran observasi yang terdiri dari tiga indikator, dan dokumentasi kegiatan belajar anak. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana untuk masing-masing siklus tersebut terdiri dari tiga tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan proses sains anak terhadap keadaan awal sebelum penelitian. Pada siklus I, rata-rata anak yang memperoleh BB (34.54%), anak yang memperoleh nilai MB (33.34%), anak yang memperoleh BSH (30.3%), dan anak yang memperoleh nilai BSB tidak ada (0%). Pada siklus II, anak yang memperoleh nilai BB (3.56%), anak yang memperoleh nilai MB (27.38%), anak yang memperoleh BSH (41,1%), dan anak yang memperoleh nilai BSB (30.9%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan magnet dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak di TK Pembina Al-Hidayah Kecamatan Salimpaung.
Keyword : Keterampilan proses sains, permainan magnet