Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah perkembangan motorik halus anak belum berkembang secara optimal ini disebabkan oleh kurangnya latihan dan pengalaman yang di berikan oleh guru di sekolah karena keterbatasan waktu belajar. Selain itu factor penyebab di luar lingkungan sekolah adalah kurangnya dorongan yang diberikan kepada anak dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki serta kurangnya rasa percaya diri ketika melakukan kegiatan yang dapat membantu perkembangan motorik halus anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu kegiatan penelitian yang berupaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar melalui suatu tindakan yang berbentuk siklus berdasarkan pencermatan guru yang mendalam terhadap permasalahan yang terjadi dan berkeyakinan akan mendapatkan solusi terbaik bagi siswa dilingkungan kelasnya sendiri. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Tiga Batur Kecamatan Sungai Tarab tahun pelajaran 2016/2017 semester I dengan jumlah anak 15 orang.
Data tentang kemampuan motorik halus anak diperoleh dari lembaran observasi, indicator kemampuan motorik halus anak yang terdiri dari enam indikator dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian dilakukan dalam 3 silkus, pelaksanaan kegiatan tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan atau tindakan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan mewarnai gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Tiga Batur. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I mencapai 33% dan siklus II meningkat 80%.