Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah kurangnya kreatifitas anak dalam menggambar, maka untuk meningkatkan kreatifitas menggambar anak di lakukan melalui Metode Karyawisata di Taman Kanak-Kanak Tuan Kadhi III Padang Ganting. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kreatifitas menggambar Anak setelah dilakukan metode karyawisata.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 di TK Tuan Kadhi III Padang Ganting pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 15 orang. Data tentang kreatifitas menggambar anak di peroleh dari lembaran observasi indikator peningkatan kemampuan kreativitas menggambar anak yang terdiri dari tujuh indikator, dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga tindakan.
Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa metode karyawisata mampu meningkatkan kreeatifitas menggambar anak. Hal ini dapat terlihat pada persentase perkembangan kreatifitas menggambar anak pada siklus 1 mencapai 33% dan pada siklus II meningkat 83%.