Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran di TK Miftahul Jannah Mandahiling. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran di TK Miftahul Jannah Mandahiling.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pembelajaran yang di gunakan oleh guru TK Miftahul Jannah Mandahiling adalah guru melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran, menjelaskan tugas, tantangan yang akan diberikan kepada anak, guru memberikan penghargaan yang efektif kepada anak yang berperilaku baik, aktif dan kreatif, guru memberikan penjelasan, menceritakan serta arahan kepada anak sebelum memulai kegiatan, melibatkan anak pada diskusi serta mendemonstrasikan kegiatan.
Adapun manfaat atau pengaruh strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru TK Miftahul Jannah Mandahiling bagi anak yaitu anak dapat pengalaman langsung dan rasa ingin tahunya terlatih, mendapatkan gagasan serta ide-ide dalam kegiatan, anak dapat berfikir dalam menyelesaikan massalah, kreatif dan aktif dalam belajar, anak juga memperhatikan guru dalam belajar.