Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah mengatasi perilaku hiperaktif pada anak melalui metode ABA (Applied Behavior Analysis) di TK Baitul Makmur Minangkabau Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui penerapan metode ABA (Applied Behavior Analysis) dalam mengurangi perilaku hiperaktif pada anak TK Baitul Makmur Minangkabau Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan bentuk rancangan one group pretest-posttest yaitu dengan memberikan perlakuan terhadap satu kelompok (tidak ada kelompok kontrol), penelitian ini dilakukan dengan tiga kali perlakuan. Adapun subjek dari penelitian ini berjumlah 2 orang anak yang memiliki perilaku hiperaktif di TK Baitul Makmur Minangkabau, Kecamatan Sungayang yang diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling.
Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa metode ABA yang dilaksanakan hanya tiga kali perlakuan, tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku hiperaktif pada anak di TK Baitul Makmur Minangkabau, hal ini terlihat pada hasil uji-t yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa to lebih kecil dari pada tt = 12,71 < 11,67 > 63,66.