Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam mengenal warna dan bentuk geometri, maka untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dan bentuk geometri anak dilakukan dengan cara bermain puzzle rakitan di Taman Kanak-kanak Teratai Indah Jorong Teratai Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan mengenal warna dan bentuk geometri anak setelah dilakukan permainan puzzle rakitan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian terdiri dari 15 anak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan cara menganalisa kemampuan mengenal warna dan bentuk geometri pada anak yang kemudian disimpulkan secara umum sesuai dengan kondisi sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain puzzle rakitan dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna dan bentuk geometri pada anak kelompok A dengan persentase peningkatan kemampuan mengenal warna dan bentuk geometri anak pada siklus I Berkembang Sesuai Harapan (BSH) memperoleh 28,15%, Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 2,59% dan pada siklus II meningkat Berkembang Sesuai Harapan (BSH) menjadi 44,45% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) mencapai 38,52%.
Penulis mengharapkan kepada pendidik Taman Kanak-kanak agar dapat menggunakan Puzzle rakitan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna dan bentuk geometri.