Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. Hal ini disebabkan oleh kurang menariknya metode yang digunakan oleh guru dalam memberikan pembelajaran mengenai mengenal lambang bilangan sehingga anak kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan tebak angka di TK Miftahul Jannah Mandahiling.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Miftahul Jannah Mandahiling pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 15 orang. Data tentang peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan diperoleh dari pedoman observasi. Indikator peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan yang terdiri dari dua indikator, dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pelaksanaan kegiatan siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, siklus II tiga kali pertemuan.
Kondisi awal kemampuan anak mengenal lambang bilangan masih rendah hal ini dapat dilihat dari hasil observasi awal dimana hasil rata rata kemampuan anak mengenal lambang bilangan Berkembang Sangat Baik (BSB) 6,7 % dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 26,7 %.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan rata-rata Berkembang Sangat Baik (BSB) 20,% dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 33,3% dibandingkan dengan kondisi awal. Sedangkan pada siklus II Berkembang Sangat Baik (BSB) 33,3% dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 53,3%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan tebak angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan di TK. Miftahul Jannah Mandahiling.
Kata Kunci: Mengenal Lambang Bilangan dan Permainan Tebak Angk