Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian pada anak sesuai usianya seperti besarnya ketergantungan terhadap orang dewasa di sekitarnya dan memiliki tingkat keberanian dan tanggung jawab yang rendah, memiliki tingkat ketergantungan yang besar serta pemahaman pendidik mengenai pentingnya penanaman karakter kemandirian pada anak khususnya kemandirian fisik sejak usia dini. Pemberian reinforcement peneliti pilih dan gunakan sebagai salah satu solusinya, karena melalui pemberian reinforcement dapat meningkatkan dan menguatkan sikap mandiri pada anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah meningkat kemandirian fisik anak usia dini melalui pemberian reinforcement di Taman Kanak-Kanak Puti Bungsu SKB 1 Tanah Datar. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk mengetahui kemandirian anak usia dini setelah diberi reinforcement.
Sesuai dengan masalah di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Single Subject Experimental Design tipe AB. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelas B1 sebanyak 3 orang anak, yaitu subjek yang memiliki tanggung jawab yang rendah dan memiliki ketergantungan yang besar terhadap orang dewasa di sekitarnya. Perlakuan atau intervensi yang diberikan pada subjek penelitian adalah pemberian reinforcement.
Pada penelitian ini, dilakukan 5 kali pengukuran pada fase baseline dan 5 kali pengukuran pada fase intervensi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di TK Puti Bungsu SKB 1 Tanah Datar tentang meningkatkan kemandirian fisik anak usia dini melalui pemberian reinforcement, hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa kemandirian fisik anak meningkat setelah diberikan reinforcement. Ini berarti hipotesis alternatif diterima bahwa meningkat kemandirian fisik anak usia dini melalui pemberian reinforcement.