Abstract:
Latar belakang penelitian ini berawal dari anak di kelas B1 di TK Aster Taluk yang kurang mampu dalam kemampuan berhitung. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi bagi anak dalam belajar sehingga kegiatan belajar mengajar (KBM) guru dan anak didik kurang begitu semangat, anak cenderung bosan dengan tugas yang diberikan dan akhirnya menyepelekan pelajaran. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung melalui permainan stik angka, dan selanjutnya untuk mengetahui apakah permainan stik angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di TK Aster Taluk Lintau Buo. Manfaat Penelitian ini supaya guru dapat menerapkan pelajaran berhitung dengan menggunakan permainan stik angka, dan meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Tindakan ini dilakukan di TK Aster Taluk Lintau Buo, dan yang menjadi subjek penelitian yaitu kelas B1 dengan jumlah anak 16 orang, dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan 6 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan stik angka pada siklus I rata-rata BSB 3% dan BSH 30%, dibandingkan dengan kondisi awal BSB 0% dan BSH 12%. Pada siklus II rata-rata BSB 26% dan BSH 54%. Dari hasil penyajian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa permainan stik angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada nak-anak di TK Aster Taluk Lintau Buo.
Kata Kunci: Kemampuan berhitung, Permainan stik angka.