Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas anak usia dini dalam mengungkapkan ide atau pendapat atau gagasan dalam memecahkan masalah dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan cerita yang dapat mengembangkan kreativitas anak melalui cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B3 di TK Pembina Kecamatan Lintau Buo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu kegiatan penelitian yang berupaya meningkatkan kualiatas proses dan hasil belajar melalui suatu tindakan berbentuk siklus berdasarkan pencermatan guru yang mendalam terhadap permasalahan yang terjadi dan berkeyakinan akan mendapatkan solusi terbaik bagi siswa di lingkungan kelasnya sendiri. Subjek penelitian adalah anak kelompok B3 TK Pembina Kecamatan Lintau Buo pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 15 orang dengan jumlah anak laki-laki 7 orang dan anak perempuan 8 orang.
Data tentang peningkatan kreativitas anak melalui cerita bergambar diperoleh dari lembaran observasi indikator peningkatan kreativitas anak yang terdiri dari lima indikator, dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pelaksanaan kegiatan siklus I terdiri dari tiga kali tindakan dan siklus II tiga kali tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kreativitas anak usia dini melalui metode cerita bergambar, pada siklus I rata-rata 33% dibandingkan dengan kondisi awal rata-rata 15% dan meningkat pada siklus II rata-rata 83 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B3 di Taman Kanak-kanak Pembina Kecamatan Lintau Buo.