Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di SMAN 2 Sungai Tarab

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Irman, S.Ag., M.Pd
dc.contributor.advisor RINA YULITRI, M. PD
dc.contributor.author AFDHOL YUSA
dc.contributor.editor AFDHOL YUSA
dc.contributor.other DASRIL, S.AG., M.PD.
dc.contributor.other ARDIMEN, M.PD., KONS.
dc.date.accessioned 2018-05-30T00:58:00Z
dc.date.available 2018-05-30T00:58:00Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.date.issued 2018-02-26
dc.identifier 13108004
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/10527
dc.description Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Kemandirian belajar
dc.description.abstract AFDHOL YUSA, NIM. 13 108 004 judul skripsi “PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA N 2 SUNGAI TARAB” Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2018. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kemandirian belajar siswa di SMA N 2 Sungai Tarab.. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 2 Sungai Tarab yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 57 orang siswa yang sekaligus dijadikan sampel sebanyak 14 orang, jenis pengambilan sampel yaitu dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa kelas X di SMA N 2 Sungai Tarab setelah diberikan layanan penguasaan konten. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t didapatkan nilai t_o (6,3) > tt ( 3,012) pada taraf signifikan 1%, artinya, H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan layanan penguasaan konten terhadap kemandirian belajar siswa.
dc.publisher BIMBINGAN KONSELING
dc.subject Layanan Penguasaan Konten, Kemandirian belajar
dc.title Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di SMAN 2 Sungai Tarab
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku