Abstract:
ABSTRAK
HESI MARTILOVA, NIM 13 101 055, Judul Sripsi: “PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA POSTER PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI BERWUDHUK DI MDA BAITURRAHMA NAGARI BALIMBING”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2018.
Kemampuan siswa dalam mempraktekkan tata cara berwudhuk khususnya kelas I di MDA Baiturrahmah masih belum maksimal. Hal ini dapat diketahui dari cara siswa mempraktekan tata cara berwudhuk secara langsung dan juga dapat dilihat dari persentase ketuntasan nilai siswa yang masih banyak dibawah KKM. Mengatasi hal tersebut perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran, untuk melihat kemampuan siswa dalam menerapkan tata cara berwudhuk dapat dilakukan dengan menerapkan metode demonstrasi berbasis media poster.
Adapun tujuan penelitian ini adalah ”bertujuan untuk mengetahui kemampuan berwudhuk siswa dengan menerapkan metode demonstrasi berbasis media poster pada mata pelajaran Fiqih materi berwudhuk di MDA Baiturrahmah”.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu, dengan rancangan penelitian intact-grup comparason yaitu terdapat satu kelompok yang digunakan untuk penelitian, tetapi dibagi dua, yaitu setegah kelompok untuk eksperiman (yang diberi perlakuan) dan setegah kelompok untuk kontrol (yang tidak diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MDA Baiturrahmah Nagari Balimbing. Teknik pengumpulan sampelnya adalah purposive sampling, diperoleh sampel siswa kelas I MDA Baiturrahmah, kelas I sebanyak 25 orang, yang menjadi sampel penelitian tersebut di bagi menjadi 2 kelompok, yaiti kelompok I yang berjumlah 13 orang dan yang kelompok II ynag berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunkana tes kemampuan pisikomotor
Berdasarkan hasil penelitian rata-rata kemampuan siswa pada kelompok eksperimen adalah 77,38 dengan persentase ketuntasan 100% sedangkan rata-rata pada kelompok kontrol adalah 68,25 dengan persentase ketuntasan 58,33%. Dari perhitungan T hitung > T tabel kelas eksperimen, kelas kontrol diperoreh sebesar 1,901. Jadi (1, 901 >2,069) maka hipotesis penelitian Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berwudhuk siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dapat dikemukakan dengan kemampuan berwudhuk siswa lebih baik dengan penerapan metode demonstarsi berbantuan media poster pada mata pelajaran Fiqih di MDA Baiturrahma dari pada kemampuan belajar pada pembelajara konvensional dalam mata pelajaran Fiqih di MDA Baiturrahmah.