Abstract:
ABSTRAK
FITRI MULYA, NIM.13 101 050, Judul Skripsi : “PENERAPANKOMBINASI METODE IMLA’DENGAN METODE CARD SHORTPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN KELAS XI IPSSMAN 1 BASO KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM”.Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyahdan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran pada materi Hubbudunya yang masih jauh dari yang diharapkan. Guru telah menerapkan metode pengulangan, yaitu mengulangi membaca ayat 1-3 kali namun siswa masih belum mampu menghafal ayat dan menulis ayat Al-Qur’an dengan benar. Sampai akhirnya guru memberikan reward kepada siswa yang cepat hafal ayat alQur’an maka akan mendapatkan nilai yang tinggi, namun pada kenyataannya hal tersebut masih belum bisa momotivasi siswa untuk bersemangat dan belum dapat mengaktifkan siswa dalam menghafal ayat dengan cepat, hanya beberapa orang siswa yang mampu menghafal ayat yang di perintahkan guru. Oleh karena itu, diantara metode yang dapat mengaktifkan siswa, membantu siswa cepat hafal ayat Al-Qur’an adalah kombinasi antara metode Imla’ dengan metode Card Short.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar siswa setelah diterapkan kombinasi metode imla’ dengan metode card short pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Qur’an kelas XI IPS SMAN 1 Baso, Kecamatan Baso Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitianrandomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Basotahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari73orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan Simple Random Samplingdengan teknik lottingdan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 49 orang, 23 orang kelas eksperimen dan 26 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay sebanyak 8 buah soal.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-ratahasil belajar Pendidikan Al-Qur’an siswa pada kelas eksperimen adalah 80,83 dengan persentase ketuntasan 73,91% sedangkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 75,42dengan persentase ketuntasan 53,85%.Dari perhitungan Jika t hitung >t tabel kelas eksperimen, kelas kontrol di peroleh sebesar 1,410. Jadi, (1,410 >1,678) maka hipotesis penelitian Ha diterima.Berdasarkan signifikansi yang di peroleh (0,165 >0,05) maka Ho ditolak dan Ha terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai tes kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dapat dikemukakan dengan “Hasil belajar siswa dengan penerapan Kombinasi Metode Imla’dengan metode Card Shortlebih baik dari hasil belajar siswa dengan metode Pengulanganpada mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an di SMAN 1 Baso, Kecamatan Baso Kabupaten Agam”.