Abstract:
ABSTRAK
RAHMAT FAJAR, NIM 13 108 114, judulskripsi “Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan Konseling di Madrasah Thawalib Lubuk Jantan”. Jurusan Tarbiyah, Program Studi Kependidikan Bimbingan dan Konseling, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Batusangkar tahun 2018
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap Guru Bimbingan Konseling di Madrasah Thawalib Lubuk Jantan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Guru Bimbingan Konseling di Madrasah Thawalib Lubuk Jantan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana penulis langsung mewawancarai siswa di Madrasah Thawalib Lubuk Jantan tersebut.
Berdasarkan hasil wawancara penulis denganMasih ada siswa yang beranggapan Negatif terhadap guru bimbingan dan konseling. Hal ini disebabkan karena seringkali pihak sekolah menyerahkan sepenuhnya masalah pelanggaran ke disiplinan dan peraturan sekolah lainnya kepada guru BK. Terlihatdari banyak guru BK yang diberi wewenang sebagai eksekutor bagi siswa yang bermasalah.Sehingga banyak sekali kita temukan di sekolah-sekolah yang menganggap guru BK sebagai guru “killer” (yang ditakuti)dan kebanyakan siswa yang mempunyai anggapan yang negatif tersebut di karenakan mereka kurang mengetahui tugas dan fungsi guru bimbingan dan konseling yang mereka tau hanyalah guru penghukum pelanggaran.