Abstract:
ABSTRAK YONA NOVITA. 14 104 091, judul skripsi “AN ANALYSIS OF ROLE FULFILMENT OF THE FIRST SPEAKERS IN DEBATE PERFORMANCE (A Study of the Fifth Semester Students of English Department of IAIN Batusangkar In 2017/2018 Academic Year)”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya pengaplikasian peran pembicara dalam penampilan debat berbahasa khususnya pembicara pertama oleh mahasiswa semester 5 Jurusan Tadris Bahasa Ingris IAIN Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaplikasian peran dan pelaksanan tugas pembicara pertama dalam debat oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik content analysis. Data dalam penelitian ini adalah semua tuturan dari pembicara pertama. Sumber data penelitiannya adalah dokumen dalam bentuk videorekaman hasil ujian akhir semester mata kuliah Speaking V mahasiswa semester 5 Jurusan Tadris Bahasa Ingris yang berjumlah 7 video rekaman dan terdiri dari 14 orang mahasiswa, 7 orang sebagai pembicara pertama pada tim positif dan 7 pembicara pertama pada tim negatif. Dalam menganalisis video rekaman peneliti fokus pada pelaksanaan peran dan pengaplikasan tugas oleh pembicara pertama.Instrumen dalam penelitian ini adalah analisis dokumen.Dalam penelitian ini ada enam langkah yang dilakukan untuk menganalisis data berdasarkan teori analisis isi dari Chelimsky (1989); Deciding to use content analysis, Determining what points should be included in content analysis, Selecting unit analysis, Developing the coding categories, Coding the utterances, and Analysing and interpreting the result. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti memutar video rekaman beberapa kali dan membuat transkripsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembicara pertama pada kelompok positif dalam memberikan definisi, Tujuh orang pembicara hanya menejelaskan definisi kata kunci. Lima pembicara mendefinisikan kata kunci dan tempat. Empat pembicara menyampaikan team line. Satu pembicara menjelaskan argumen sesuai dengan kriteria assertion, reasoning, evidence, and link back.Dua pembicara memenuhi kriteria assertion, reasoning, evidence. Satu pembicara hanya menjelaskan kriteria assertion and reasoning. satu pembicara hanya menjelaskan assertion and evidence kriteria, dan satu menyebutkan reasoning. Untuk pembicara pertama pada kelompok negatif, dalam dua pembicara memberikan rebuttal the definition. 5 pembicaraRubuttal the argument dari team lawan. Dalam menjelaskan team line, hanya satu pembicara yang menyebutkan team line. Dalam menjelaskan argumen, Satu orang menjelaskan assertion, reasoning, and link back. Tiga orang menjelaskankriteria assertion and reasoning, dan satu pembicara hanya menjelaskan kriteria assertion dan dua pembicara tidak memberikan argument sama sekali.