Abstract:
AGUNG ENALDO. NIM. BK 13108007 judul Skripsi “PENDAPAT GURU BK TENTANG PENERAPAN KONSELING ISLAM DI MAN 2 BATUSANGKAR”, skripsi , Fakultaa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan bimbingan dan Konseling, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan konseling Islam di MAN 2 Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat guru BK tentang penerapan konseling Islam di MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah guru BK yang berada di MAN 2 Tanah Datar. Bedasarkan hasil wawancara dengan guru BK tentang penerapan konseling Islam yaitu, guru BK berpendapat bahwa konseling Islam berpedoman dengan ajaran-ajaran Islam dimana berlandaskan kepada Al-Qur’an, hadis dan sunah Rosulullah, sehingga di dalam memecahkan permasalahan siswa tersebut dapat terentaskan dan siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya, akan tetapi di dalam konsep konseling Islam dari pendapat guru BK, menggabungkan konseling Islam dengan konseling konvensional di dalam penerapan proses konseling Islam untuk pengentasan masalah siswa. Selanjutnya pada pelaksanaan konseling Islam guru BK mengacu kepada kehidupan efektif sehari hari yang berlandaskan ajaran Islam, dimana menyampaikan ayat-ayat Al-Qur’an, hadis dan sunah rosulullah untuk selaras dengan ajaran Islam didalam kehidupan nantinya, serta penerpan dalam bentuk hal kecil seperti tata krama dan membentuk moral siswa kepada arah yang lebih baik. Kendala yang ditemui guru BK yaitu, kekurang jam pada saat pelaksanan konseling Islam dan pemberian jam BK di waktu sore sehingga waktu pemberian layananan guru BK tidak maksimal dalam memberikan suatu layanan atau bimbingan dan konseling kepada siswa, adapun kendala lainnya berupa siswa itu sendiri dimana kurang memahami terhadap pemahaman tentang Islam, selanjutnya guru BK kurang memahami konsep didalam penerapan konseling Islam tersebut, minimnya hal yang mendukung di dalam penerapan konseling Islam seperti tidak ada buku panduan tentang konsep konseling Islam yang dimiliki oleh guru BK, dan kurangnya Poster yang berkaitan dengan konseling Islam didalam ruang BK. Berdasarkan temuan di atas mengidentifikasikan perlunya penerapan konseling Islam di sekolah Madrasah, karena nilai-nilai yang terkandung dalam konseling Islam sejalan dengan nilai yang diajarkan pada sekolah Madrasah.