Abstract:
ABSTRAK
PINGKI HARYANI. NIM PAI 13 101 112 (2018). Judul Skripsi: “Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di MTs PP Darussalam Blok B Sitiung I Dharmasraya”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2018.
Penelitian ini beranjak dari masalah masih kurangnya keterampilan guru dalam memilih strategi dan metode dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, terlihat juga kurangnya kerja sama siswa dalam pembelajaran serta komunikasi antar sesama, dan kurang terlibatnya siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Selain itu terdpat juga rendahnya nilai ulangan harian siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Oleh karena itu, di antara strategi yang dapat membuat siswa aktif, berkomunikasi antar sesama dan dapat melatih kemampuan berfikir siswa dalam belajar adalah dengan menerapkan strategi Cooperative Integrated Reading and Compasition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk apakah hasil belajar siswa lebih baik dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compasition (CIRC) dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Problematika Dakwah kelas VII di MTs PP Darussalam Blok B Sitiung I Dharmasraya.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan melihat gejala-gejala yang terjadi di lapangan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Adapun dari segi pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancanagan randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs PP Darussalam Blok B Sitiung I Dharmasraya yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan Test hasil belajar ranah kognitif berupa Test Essay. Teknik analisis data yang lakukan adalang dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dengan diterapkannya strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas ekperimen adalah 81 dengan presentase ketuntasan 80% sedangkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 72-25 dengan presentase ketuntasan 40% dengan perhitungan diperoleh thitung = 2.1353 dan ttabel = 2.02. Oleh karena thitung > ttabel maka H1 diterima.