Abstract:
ABSTRAK INDRA GUSTAMA, Nim. 13 104 029, judul skripsi “STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD VIDEO RECORDING ASSIGNMENT IN ENGLISH FOR DAILY CONVERSATION SUBJECT (A STUDY OF THE FIRST SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH DEPARTEMENT OF IAIN BATUSANGKAR REGISTERED IN 2017/2018 ACADEMIC YEAR)”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan pada penelitian ini adalah beragamnya persepsi mahasiswa mata kuliah English for Daily Conversation terhadap penugasan Video Recording yang mana dosen menugaskan mahasiswa untuk merekam penampilan mereka sebelum perkuliahan, dan akan ditampilkan waktu perkuliahan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk memdeskripsikan persepsi mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar terhadap tugas Video Recording pada mata kuliah English for Daily Conversation. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 84 orang mahasiswa semester kesatu pada mata kuliah English for Daily Conversation tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 orang diambil secara acak dengan menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan 15 orang lainnya sebagai kelompok try out. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket tertutup berjumlah 50 item pernyataan yang berisi tentang persepsi mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris semester kesatu tahun ajaran 2017/2018 terhadap tugas Video Recording, dan diujicobakan kepada mahasiswa dari kelompok TO. Setelah angket dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 16, maka didapatlah 46 item yang valid, dan 4 item yang direvisi. Selanjutnya angket direvisi dan kemudian dibagikan kepada 69 orang sampel penelitian untuk mengumpulkan data. Hasil analisi data memperlihatkan bahwa persepsi mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris semester kesatu tahun ajaran 2017/2018 terhadap tugas Video Recording adalah sangat positif (70%), positif (29%), dan negatif (1%). Dilihat dari masing-masing komponen persepsi maka dapat digambarkan sebagai berikut. Pertama, pada komponen kognitif adalah sangat positif (69%), Kedua, pada komponen afektif adalah sangat positif (72.45%). Dan pada komponen konatif adalah sangat positif (71.01%).