Abstract:
ABSTRAK PUTRI INTAN AULIA NIM 13 101 115, Judul skripsi: “PERBANDINGAN EFEKTIFITAS STRATEGI BRAINSTORMING DENGAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMPN 1 LINTAU BUO”, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar Tahun 2018. Penelitian ini didasari observasi yang peneliti lakukan di kelas VIII SMPN 1 Lintau Buo bahwa proses pembelajaran masih jauh dari yang diharapkan. Guru telah mencoba memakai metode diskusi tetapi siswa masih belum terlibat aktif dilokal, sehingga partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat kurang, interaksi antara guru dengan siswa atau sesama siswa belum berjalan secara optimal. Keaktifan siswa hanya didominasi oleh satu atau dua orang siswa saja karena kebanyakan siswa kurang berani dalam bertanya dan mengemukakan pendapat. Oleh karena itu, salah satu strategi yang dapat melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran adalah strategi Brainstorming dan strategi Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi Brainstorming dan strategi Giving question and getting answer, dimana strategi ini akan dibandingkan sehingga akan terlihat strategi mana yang lebih efektif untuk materi menghindari perilaku tercela (Dendam dan Munafik) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen), dengan rancangan penelitian adalah completely Randomized desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Lintau Buo yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 90 orang siswa. Teknik penentuan sampel dengan simple random sampling, kelas sampel yang terpilih adalah VIII.4 sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII.3 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay sebanyak 10 buah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil tes siswa pada kelas eksperimen 1 yaitu 79,52 dengan persentase ketuntasan 71,42 % dan rata-rata pada kelas kontrol yaitu 82,88 dengan persentase ketuntasan 87,5% Uji hipotesis diperoleh t_hitung= 1,334 dan t_tabel=1,681 karena t_hitung