Abstract:
ABSTRAK RONI SAPTA WIJAYA. NIM, BK 13 108 129 judul SKRIPSI “PENGARUH LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS VIII.E DI SMP N 2 KUBUNG KABUPATEN SOLOK”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya siswa yang kurang memiliki self regulated learning di kelas VIII.E SMP Negeri 2 Kubung. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan self regulated learning siswa di kelas VIII.E SMP Negeri 2 Kubung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (layanan informasi) dalam meningkatkan variabel Y (self regulated learning). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah layanan informasi tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan self regulated learning siswa dan Hipotesis (Ha) Layanan informasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan self regulated learning siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kubung. Sampel penelitian yaitu 23 siswa kelas VIII.E. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala. Treatment diberikan dengan melaksanakan layanan informasi. Materi layanan yang diberikan yaitu, metakognisi, memotivasi diri, dan berperilaku aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi berpengaruh signifikan terhadap self regulated learning siswa pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 2,82, dengan membandingkan besarnya t hitung sebesar 14,74 dan t tabel sebesar 2,82 taraf signifikansi 1%. Artinya layanan informasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan self regulated learning siswa pada taraf signifikansi 1%. Kata kunci: layanan informasi, self regulated learning.