Abstract:
ABSTRAK SRI HUSNUL HAYATI ISKANDAR PUTRI, REG. 13 104 092, judul skripsi “DIFFICUTIES FACED BY STUDENT-TEACHERS IN ASSESSING STUDENTS’ LEARNING IN 2013 CURRICULUM” Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya masalah yang dihadapi oleh mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun akademik 2017/2018 dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kesulitan-kesulitan mahasiswa PPL dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitin ini adalah mahasiswa PPL Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam pengambilan dan pengumpulan data, peneliti menggunakan interview yang dibantu oleh pedoman wawancara. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara yang mendalam terhadap informan yang berbeda. Data yang diperoleh dari lapangan dianalisis dengan berdasarkan kepada teori Miles and Huberman yaitu reduction of the data, data display, dan data verification and conclusion. Untuk mencek keabsahan data, peneliti menggunakan technique triangulation yaitu membandingkan hasil wawancara dengan informan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan mahasiswa PPL dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik, terdiri dari: pertama, masalah dalam melakukan penlaian terhadap sikap peserta didik yang kurang sopan, tidak memiliki rasa saling menghargai dan tidak memiliki rasa tangung jawab. Kedua, kesulitan dalam melakukan penlaian terhadap pengetahuan peserta didik yang tidak serius dalam mengikuti pelajaran, peserta didik yang selalu tidak serius dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.