Abstract:
AHMAD ILHAM, NIM 11 101 042, Judul Skripsi: “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Disiplin dan Peduli Lingkungan pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan dalam Skripsi ini adalah masih banyak siswa yang belum terinternalisasi dalam dirinya nilai karakter disiplin, seperti tidak disiplin waktu, tidak disiplin dalam berpakaian, tidak disiplin terhadap aturan atau tata terti sekolah dan tidak disiplin belajar, dan nilai karakter peduli lingkungan, seperti masih banyak siswa yang tidak menjaga kebersihan lingkungan, misalnya membuang sampah sembarangan, tidak melaksanakan piket baik di dalam kelas maupun di perkarangan sekolah. Jadi dituntut peran guru selain sebagai pendidik dalam menanamkan nilai karakter disiplin dan peduli lingkungan pada siswa di SD Negeri 08 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab. Tujuan pembahasan ini untuk menjelaskan peran guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin dan peduli lingkungan pada siswa di SD Negeri 08 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskripsi kualitatif. Sedangkan informan utama (sumber data primer) dalam penelitian ini adalah guru PAI, guru kelas SD Negeri 08 Sungai Tarab yang berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah Miles dan Hubermen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab, memiliki enam peranan dalam menanamkan nilai karakter disiplin dan peduli lingkungan pada siswa yaitu: sebagai informator guru memberikan informasi terkait penanaman nilai karakter disiplin dan peduli lingkungan yang dilakukan pada saat upacara bendera dan kegiatan kultum. Sebagai motivator guru memberikan motivasi kepada siswa agar memiliki nilai karakter disiplin dan peduli lingkungan dengan cara memberi nasehat, melakukan pembiasaan serta memberi teguran. Sebagai fasilitator guru memiliki peran untuk menfasilitasi siswa dalam penanaman nilai karakter disiplin dan peduli lingkungan pada siswa dengan cara mendatangkan narasumber dari luar. Sebagai pembimbing yaitu melakukan pengawasan dan pengontrolan serta membimbing siswa untuk memiliki karakter disiplin dan peduli lingkungan. Sebagai model atau teladan guru mengembangkan kemampuan dan keahlian yang ada dalam dirinya untuk melakukan suatu pekerjaan, dan akan menjadi contoh bagi siswa. Sebagai evaluator melakukan berbagai kegiatan yang dapat memberikan semangat kepada siswa agar memiliki karakter disiplin dan peduli lingkungan.