Abstract:
ABSTRAK
NENGSI ELDAWATI, NIM. 13 101 091, dengan judul : “PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI “MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM” KELAS VIII SMPN 5 SAWAHLUNTO”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.Jumlah halaman 73.
Penelitian ini di latar bekangi oleh hasil belajar PAI siswa khususnya kelas VIII di SMPN 5 Sawahlunto masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata ulangan hariannya. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menerapkan metode debat aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar PAI siswa dengan metode debat aktif lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran strategi konvensional pada pembelajaran PAI materi makanan dan minuman yang halal dan haram di SMPN 5 Sawahlunto.
Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized control group pretest posttest design.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1-VIII-2.VIII-3.VIII-4 SMPN 5 Sawahlunto tahun ajaran 2018 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 46 orang, 23 orang kelas eksperimen dan 23 orang kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kelas eksperimen test diperoleh 79 sedangkan, pada kelas kontrol test diperoleh 69,9 dengan selisih test 9,1%. Begitupun dengan melihat persentase ketuntasan belajar siswa yaitu pada kelas eksperimen persentase ketuntasan diperoleh 78,27 % sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh 43,48% dengan selisih 34,79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan metode dabat aktif lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran PAI di SMP N 5 Sawahlunto.