Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh Konseling Realitas Setting Kelompok untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas VII.1 dI MTsN Sungayang

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor RINA YULITRI, M. PD
dc.contributor.advisor ARDIMEN, M.PD., KONS.
dc.contributor.author FADHILA RIDWAN
dc.contributor.editor FADHILA RIDWAN
dc.date.accessioned 2018-05-30T01:02:14Z
dc.date.available 2018-05-30T01:02:14Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.identifier 13108048
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/10631
dc.description Kata Kunci : Konseling Realitas Setting Kelompok, Harga Diri.
dc.description.abstract ABSTRAK FADHILA RIDWAN. NIM, 13 108 048 judul SKRIPSI “PENGARUH KONSELING REALITAS SETTING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA KELAS VII DI MTsN SUNGAYANG”. Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki harga diri rendah. Harga diri merupakan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri, yang mencerminkan sikap penerimaan atau penolakan terhadap dirinya, mempercayai bahwa dirinya mampu, penting dan berharga. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah layanan konseling realitas setting kelompok dapat meningkatkan harga diri siswa kelas VII di MTsN Sungayang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperiment dengan tipe one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 di MTsN Sungayang yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018, teknik sampling yang digunakan untuk menetapkan sampel ialah teknik purposive sampling yakni dengan pertimbangan tertentu, pertimbangan peneliti adalah siswa yang teridentifikasi harga diri rendah dengan sampel 10 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling realitas setting kelompok berpengaruh signifikan terhadap peningkatan harga diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan skor hasil postest mengalami peningkatan setelah diberikan treatment melalui konseling realitas setting kelompok. Artinya t0 > tt sehingga Ha menyatakan konseling realitas setting kelompok efektif meningkatkan harga diri siswa secara signifikan diterima, dan H0 yang menyatakan bahwa konseling realitas setting kelompok tidak efektif meningkatkan harga diri siswa ditolak.
dc.publisher BIMBINGAN KONSELING
dc.subject Konseling Realitas Setting Kelompok, Harga Diri.
dc.title Pengaruh Konseling Realitas Setting Kelompok untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas VII.1 dI MTsN Sungayang
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku