Abstract:
ABSTRAK SISRIA AGUSTRI PRATAMA, NIM, 13 101 144, judul SKRIPSI “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran learning cycle 5E dan word square dalam Mata Pelajaran PAI Pada Materi Zakat Fitrah dan Zakat Mal Kelas VIII Di SMP”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018, yang terdiri dari 82 halaman. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini berkaitan dengan LKS yang dipakai sekolah, LKS tersebut masih terdapat kekurangan seperti, tidak ada petunjuk belajar, materi pokok atau ringkasan materi belum tersaji secara jelas. LKS sedikit memuat latihan atau tugas yang dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi, didalam LKS juga belum terdapat gambar-gambar yang relevan dengan materi terutama pada materi zakat fitrah dan zakat mal yang dapat meningkatkan motavasi belajar siswa. Selain itu LKS yang di pakai sekolah belum memenuhi syarat dari penyusunan LKS sehingga LKS tersebut belum sepenuhnya dapat membantu siswa dalam belajar . Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk berupa LKS berbasis learning cycle 5E dan word square pada materi zakat fitrah dan zakat mal yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan dessiminate. Penelitian ini tidak sampai pada tahap dessiminate, karena keterbatasan waktu yang penulis miliki. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII.a SMPN 1 Tigo Lurah Kabupaten Solok. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif diperoleh dari observasi dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil analisis lembar validasi dan hasil analisis angket respon siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan pedoman wawancara guru. Teknik analisis data dilakukan dengan persentase. Setelah itu ditentukan valid atau tidaknya produk yang dikembangkan. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis learning cycle 5E dan word square dalam mata pelajaran PAI pada materi zakat fitrah dan zakat mal di SMP dapat dikategorikan valid dan sangat praktis. LKS ini dikatakan valid sesuai dengan tanggapan yang diberikan oleh validator, dimana dari hasil validasi LKS diperoleh hasil dengan rincian untuk tujuan LKS berkisar 82,22% dikategorikan sangat valid, manfaat LKS berkisar 75,55% dikategorikan valid, unsur-unsur LKS berkisar 77,19% dikategorikan valid dan untuk syarat LKS berkisar 70,47% dikategorikan valid. Secara keseluruhan LKS berbasis learning cycle 5E dan word square dikategorikan valid yaitu dengan persentase 75,04%. Sedangkan uji praktikalitas melalui angket respon siswa dikategorikan sangat praktis dengan persentase 84,48%.