Publikasi IAIN Batusangkar

Sikap Siswa terhadap Kegiatan Layanan BK di Sekolah (Studi pada Siswa SMAN 2 Batusangkar)

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor DRA. RAFSEL TAS'ADI, M.PD.
dc.contributor.advisor DRA. HADIARNI, M.PD., KONS.
dc.contributor.author ANTON ALIANZAH
dc.contributor.editor ANTON ALIANZAH
dc.contributor.other SISRAZENI, S.PSI., M.PD.
dc.contributor.other Dr. Irman, S.Ag., M.Pd
dc.date.accessioned 2018-05-30T01:02:24Z
dc.date.available 2018-05-30T01:02:24Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.date.issued 2018-02-22
dc.identifier 13108015
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/10635
dc.description Kata Kunci : Sikap siswa, Kegiatan Layanan BK di Sekolah
dc.description.abstract ABSTRAK ANTON ALIANZAH. NIM, 13 108 015 judul skripsi “Sikap Siswa terhadap Kegiatan Layanan BK di Sekolah (Studi pada Siswa SMAN 2 Batusangkar)”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah seperti apakah sikap siswa terhadap kegiatan layanan BK di SMAN 2 Batusangkar. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui gambaran tingkatan sikap yang ditampilkan oleh siswa terhadap kegiatan layanan-layanan BK di SMAN 2 Batusangkar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 2 Batusangkar. Sampel penelitian ini berjumlah 71 orang siswa. Penelitian ini menggunakan angket/ kuesioner sebagai alat pengumpul data dengan menggunakan skala likert. Uji validitas dengan menggunakan jasa profesional ahli/ penelaah sesuai dengan kompetensinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap kegiatan layanan-layanan BK yaitu layanan orientasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan konten, layanan informasi dan layanan konseling individual separuhnya pada kategori sikap baik dan separuhnya lagi memiliki sikap sedang. Dalam penelitian ini peneliti melihat dari tiga aspek sikap diketahui bahwa pada aspek Affect dapat disimpulkan bahwa separuh siswa memiliki perasaan senang mengikuti proses layanan-layanan yang ada. Aspek Behaviour, sedikit dari responden mempunyai sikap baik, sedangkan untuk kategori sedang pada umunya siswa mengalaminya, sehingga didapatkan kesimpulan bahwa sedikit siswa mempunyai keinginan dan berperilaku untuk mengikuti proses layanan BK di sekolah dan pada umunya hanya sedang. Selanjutnya pada aspek Cognition, separuh responden mempunyai penilaian yang baik terhadap hasil yang dicapai pada setiap layanan-layanan BK dan separuhnya lagi berada pada kategori sedang.
dc.publisher BIMBINGAN KONSELING
dc.subject Sikap siswa, Kegiatan Layanan BK di Sekolah
dc.title Sikap Siswa terhadap Kegiatan Layanan BK di Sekolah (Studi pada Siswa SMAN 2 Batusangkar)
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku