Publikasi IAIN Batusangkar

Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sungayang

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor DRA. RAFSEL TAS'ADI, M.PD.
dc.contributor.advisor ARDIMEN, M.PD., KONS.
dc.contributor.author DISTY EKA MARCELINA
dc.contributor.editor DISTY EKA MARCELINA
dc.date.accessioned 2018-05-30T01:02:36Z
dc.date.available 2018-05-30T01:02:36Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.identifier 13108040
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/10640
dc.description Kata Kunci : Konseling Kelompok, Kemandirian Belajar Siswa
dc.description.abstract ABSTRAK DISTY EKA MARCELINA. NIM. 13 108 040 judul SKRIPSI “EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII.1 DI SMPN 1 SUNGAYANG”. Program Studi Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang apakah konseling kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Sungayang Kab. Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh konseling kelompok sebagai salah satu pendekatan layanan bimbingan dan konseling yang diharapkan berpengaruh dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa yang rendah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Eksperemental dengan tipe One Group Pretest-posttes Design). Skala alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah skala campuran yang mengacu pada kisi-kisi yang telah dibuat. Purposive samping merupakan teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka diperoleh hasil hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (H0) ditolak. Dimana hal ini dapat dilihat dari besarnya “t” yang penulis peroleh (t0=7, 85) dan besarnya “t” yang tercamtum pada tt yaitu 3,169. Ini berarti bahwa konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Sungayang pada taraf signifikan1%.
dc.publisher BIMBINGAN KONSELING
dc.subject Konseling Kelompok, Kemandirian Belajar Siswa
dc.title Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sungayang
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku