Abstract:
Yunike Yudafrisila NIM. 13 132 111 (2018). Judul skripsi: “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA PAGARUYUNG”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kurang terampilnya anak membaca hal tersebut dapat dilihat dengan sulitnya anak membedakan simbol huruf yang diberikan guru. Keterampilan membaca sangat penting bagi anak sebagai persiapan melanjutkan ke jenjang berikutnya. Untuk meningkatkan keterampilan membaca, dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi anak di TK Negeri Pembina Pagaruyung. Dalam pengamatan penulis menemukan bahwa perkembangan bahasa dalam keterampilan membaca beberapa anak belum berkembang dengan baik sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan penelitian adalah untuk merancang, menghasilkan, menerapkan media pembelajaran menggunakan aplikasi macromedia flash 8 untuk meningkatkan keterampilan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Pagaruyung yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan di TK Negeri Pembina Pagaruyung menggunakan penelitian pengembangan atau research and development, dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari empat tahap yakni tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (desseminate). Jenis instrumen pengumpuln data yang digunakan berupa lembar validasi multimedia, lembar praktikalitas (angket respon guru), dan lembar efektifitas (lembar observasi keterampilan membaca siswa). Hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan keterampilan membaca anak melalui multimedia pembelajaran interaktif belajar membaca dengan hasil validitas 84,2% dengan kategori sangat valid, lembar angket respon guru 85,4% dengan kategori sangat praktis dan lembar efektifitas hasil belajar anak pada saat uji coba dalam menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berada pada kriteria tinggi dengan persentase nilai sebesar 79,5% dengan kategori efektif. Sedangkan pada tahap penyebaran hasil belajar anak termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan persentase nilai sebesar 82,4 % dengan kategori sangat efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui multimedia pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Pagaruyung tahun ajaran 2017/2018. Hal ini membuktikan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah tersebut dan dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran di berbagai sekolah.