Abstract:
UCI RAHMADANI. NIM13132 093 (2018). Judul Skripsi: “PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA PAGARUYUNG”. SKRIPSI,Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah belum berkembangnya kemampuan kerjasama anak secara optimal. Kemampuan kerjasama anak masih perlu ditingkatkan lagi. Salah satu cara meningkatkan kemampuan kerjasama anak adalah dengan metode bermain peran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan kerjasama anak di TK Negeri Pembina Pagaruyung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk PreEksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh anak di TK Negeri Pembina Pagaruyung yang berjumlah 105 orang anak dan teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling, yaitu anak-anak kelompok B yang berjumlah 18 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kemudian data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh pretest rata-rata adalah 18 dan hasil posttest rata-rata 23.61. Dari hasil penelitian menunjukan hipotesis diterima dengan taraf signifikan adalah 5 %. Hal ini menunjukan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak di TK Negeri Pembina Pagaruyung.