Abstract:
Rama Fitri Yanti, NIM, 14109067. Judul Skripsi Pengembangan CD Multimedia Interaktif melalui Game Tembak Huruf untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dalam Pengenalan Huruf Abjad pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Permata Bunda, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN), 2018. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan pengenalan huruf anak di TK Permata Bunda menunjukan masih rendah, media untuk pengenalan huruuf belum lengkap, belum adanya CD multimedia pembelajaran interaktif untuk anak. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengungkap kevalidan, kepraktisan dan keefektifan CD Multimedia Interaktif agar layak digunakan di lapangan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yaitu suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Desain dan prosedur pengembangan penelitian adalah model 4-D yaitu define, design, develope, dan disseminate, Disseminate dilakukan dengan skala terbatas. Instrument penelitian meliputi lembar validasi, angket respon guru, dan lembar observasi. Pada proses validasi, CD multimedia pembelajaran interaktif divalidasi oleh 2 orang pakar pendidikan di IAIN Batusangkar. Pada proses praktikalitas multimedia diuji cobakan oleh 2 orang guru, kemudian mengisi angket respons guru. Pada proses dissiminate dilakukan penyebaran secara terbatas pada anak kelompok Bulan, kemudian melakukan observasi terhadap tingkat aktifitas belajar anak, dan pengenalan huruf abjad anak dengan mengisi lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, CD multimedia pembelajaran interaktif untuk pengenalan huruf abjad anak, yang telah diperoleh persentase penilaian sebesar 82,99%, dengan kategori sangat valid. CD pembelajaran telah praktis digunakan dengan persentase 86,46%, hasil efektifitas coba pada lembar observasi bahwa dengan persentase 76,78% dengan kategori sangat tinggi. Pada tahap penyebaran persentase penilaian sebesar 83,93%, dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian diperoleh bahwa CD multimedia interaktif untuk pengenalan huruf abjad anak telah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk anak usia dini.