Abstract:
NURHUSNA KAMIL, NIM 14 109 059, Judul Skripsi: Efektivitas Media Wire Game dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Tanah Datar, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018, 75 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aspek kurangnya kemampuan anak dalam memperhatikan atau memfokuskan diri pada kegiatan yang sedang dilakukan, masih terdapat anak yang belum memahami imformasi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran dan masih terdapat beberapa anak yang belum mampu melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi guru di TK Negeri Pembina Kabupaten Tanah Datar. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariatif bagi anak. Penelitian ini untuk membantu anak dalam meningkatkan konsentrasi belajar menggunakan media wire game. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah media wire game efektivitas dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Tanah Datar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar efektivitas media wire game dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasy eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Negeri Pembina Kabupaten Tanah Datar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok B4 dan kelompok B5 yang dijadikan sampel adalah kelompok B4 sebagai kelompok eksperimen dan perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen adalah penggunaan media wire game dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak. Sedangkan kelompok B5 sebagai kelompok kontrol. Untuk menguji hasil analisis data statistik, maka didapat bahwa harga“t” hitung untuk konsentrasi belajar anak adalah 2,34 dengan df atau db 22, apabila kita lihat pada tabel nilai t dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh harga “t” kritik t sebesar 22, jadi 2,34 > 2,07. Kemudian dengan membandingkan hasil dari t hitung (tₒ) dengan t tabel (tt) maka dapat dianalisa bahwa t0 besar dari tt (t0 > tt), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, ini berarti bahwa penggunaan media wire game efektivitas dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Tanah Datar. Dengan demikian, berarti terdapat perbedaan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya penggunaan media wire game efektivitas dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak.