Abstract:
LASTRI / NIM. 13 132 037 Judul Skripsi: “PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI TK DHARMA BAKTI JORONG KANDANG SAMPIE AIE ANGEK KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah kurangnya kecerdasan interpersonal anak. Hal itu terlihat dalam bekerjasama dengan anak yang lainnya. Anak juga kurang mampu dalam menjalin hubungan pertemanan di dalam kelas maupun di luar kelas, yang tampak ketika anak berbicara pada temannya maka temannya tersebut tidak menghiraukannya. Maka peneliti menguji coba metode bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak untuk mengetahui metode bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Dharma Bakti Jorong Kandang Sampie Aie Angek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan model pre experiment. Dalam penelitian ini peneliti melakukan empat kali perlakuan. Dengan menggunakan empat tahapan dari metode bermain peran. Adapun populasi dari penelitian ini adalah dari seluruh murid di TK Dharma Bakti Jorong Kandang Sampie Aie Angek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar yang terdiri 35 orang anak. Sedangkan yang menjadi sampel berjumlah 18 orang di lokal B1. Anak yang dijadikan sampel ini adalah anak yang kecerdasan interpersonalnya masih rendah berada pada tahapan belum berkembang dan mulai berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan pada kecerdasan interpersonal anak setelah diberikan treatment dengan skor rata-rata pre-test 10,16 dan skor rata-rata post-test 12,44. Hasil analisis statistik deskriptif yaitu perbandingan antara pre-test dan post-test dengan metode bermain peran dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Berdasarkan hasil pre-test dan post-tes, maka diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nihil (h0) ditolak sehingga metode bermain peran berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Dharma Bakti Jorong Kandang Sampie Aie Angek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.