Abstract:
Jenni Widya Wati, NIM13132035, Judul Skripsi: “Pengembangan Permainan Puzzle Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia Dini Di TK Pertiwi Kabupaten 50 Kota, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar2018. Penelitianiniberawaldarikenyataan yang ada di TKPertiwi Kabupaten 50 Kota bahwakemampuan kerjasamaanakbelumberkembang secara optimal dan masih perlu peningkatan, dikarenakanoleh kegiatan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan kerjasama anak kurang kreatif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan kegiatanbermain puzzleagardapatmembantumeningkatkankemampuan kerjasama anak sehingga dapat berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama anakmelaluikegiatanbermain puzzle berbasis multimedia interaktif di TK Pertiwi Kabupaten 50 Kota. Penelitianinimenggunakanpendekatan 4D yang berbentukTadapdefine (pendefinisian), Tadapdesign, Tadapdevelop (pengembangan), dan Tadapdestiminate (pendiseminasian) dilakukan dengan skala terbatas.Istrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar efektifitas. Proses validasi permainan puzzle dilakukan oleh 2 orang pakar, Pada proses praktikalitas permainan puzzle berbasis multimedia interaktif diuji cobakan oleh 2 orang guru, dengan mengisi angket respon guru. Pada prosesdissiminate dilakukan penyebaran secara terbatas pada anak lokal B2, kemudian melakukan observasi terhadap kerjasama anak dan permainanpuzzle dengan mengisi lembar observasi. Berdasarkanhasilpenelitian yang telah dilakukan, permainan puzzle berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan kerjasama anak, yang telah dihasilkan valid dengan persentasepenilaian sebesar 74,23%, permainan puzzle berbasis multimedia interaktif sangat praktis digunakan dengan persentase 87,5% hasil observasi saat uji coba bahwa karjasama anak termasuk sangat tinggi dengan persentase 88,39%. Pada saat penyebaran permainan puzzle berbasis multimedia interaktif sangat meningkat dengan persntase 88,39. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari permainan puzzle berbasis multimedia interaktif pada anak telah valid, praktis dan efektif dan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk anak usia dini.