Abstract:
Irma Arizta Afriyanti. NIM 13 132 032. Judul Skripsi: “Pengembangan CD Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Anak dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah di TK Tunas Bangsa Bukittinggi”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Berdasarkan survei awal, motivasi anak dalam mengenal huruf hijaiyah di TK Tunas Bangsa Bukittinggi masih rendah, diperkirakan rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh keterbatasan sumber belajar atau media pembelajaran yang ada seperti CD Multimedia Interaktif. Oleh karena itu, dirancang dan dibuatlah sebuah media pembelajaran berupa CD Multimedia Interaktif dalam pengenalan huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan CD Multimedia Interaktif agar layak digunakan di lapangan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D). Desain dan prosedur pengembangan penelitian adalah model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develope (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Disseminate (penyebaran) dilakukan dengan skala terbatas. Instrument penelitian meliputi lembar validasi, angket respon guru, dan lembar observasi. Pada proses validasi, CD multimedia interaktif divalidasi oleh 2 orang pakar Pendidikan di IAIN Batusangkar. Pada proses praktikalitas multimedia diujicobakan oleh 2 orang guru, dengan mengisi angket respons guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, CD multimedia interaktif dalam pengenalan huruf hijaiyah anak yang telah dihasilkan persentase penilaian sebesar 83,75% dengan kategori sangat valid, CD multimedia interaktif diperoleh persentase 86,46% dengan kategori sangat praktis, hasil efektifitas saat uji coba pada lembar observasi motivasi belajar anak termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 73,13%, hasil penyebaran (disseminate) yang dilakukan dalam kelompok 2 termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 83,75%. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam mengenal huruf hijaiyah pada anak menunjukkan bahwa pengenalan huruf hijaiyah pada anak menggunakan CD multimedia interaktif sangat valid, sangat praktis dan efektif dipergunakan pada proses pembelajaran untuk mengenal huruf hijaiyah.