Abstract:
FAUZIAH RAMADHANI, NIM 14 109 028, Judul SKRIPSI “PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN BOWLING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN DI TK PERMATA HATI SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan model quasi eksperimen yaitu penelitian yang mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel yang lainnya. Penelitian dilakukan pada kelompok B yang terdiri dari 12 orang kelompok eksperimen dan 12 orang kelompok kontrol. Sebelum perlakuan/treatment diberikan kepada anak terlebih dahulu diberikan pretest. Adapun rata-rata hasil pretest adalah 13,83, setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa penerapan permainan bowling, selama melakukan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 16,92. Untuk menguji signifikan t0 dengan cara membandingkan thitumg(t0) dengan ttabel(tt), apabila dilihat pada tabel nilai tt taraf 5% maka diperoleh harga kritik nilai sebesar 2,07. Maka hasil dari thitumg yaitu 12,29>2,07. Dengan demikian, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Maka hipotesis alternativ (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak, artinya permaian bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak di TK Permata Hati Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar