Abstract:
ELSA DIGAMA, NIM 14109022, Judul Skripsi : Pengaruh Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Permainan Puzzle Berkelompok Terhadap Perilaku Prososial Anak dengan Teman Sebaya di TK Negeri Pembina Kab. Tanah Datar, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perilaku prososial anak dengan teman sebaya. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat pengaruh strategi belajar kooperatif tipe group investigation berbantuan permainan puzzle berkelompok terhadap perilaku prososial anak dengan teman sebaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi belajar kooperatif tipe group investigation berbantuan permainan puzzle berkelompok berpengaruh terhadap perilaku prososial anak dengan teman sebaya di TK Negeri Pembina Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian preeksperimental dengan tipe one group pretest-postest design. Dalam penelitian ini populasinya adalah kelompok B TK Pembina Kabupaten Tanah Datar, yang mana sampelnya adalah kelompok B2 yang terdiri dari 15 orang anak. Perlakuan yang diberikan adalah dengan menggunakan strategi belajar kooperatif tipe group investigation berbantuan permainan puzzle berkelompok dalam melihat pengaruh terhadap perilaku prososial anak dengan teman sebaya. Sebelum diberikan treatment terlebih dahulu anak diberikan pretest untuk melihat perilaku prososial dengan teman sebaya. Adapun rata-rata hasil pretest adalah 62. Setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa penerapan strategi belajar kooperatif tipe group investigation berbantuan permainan puzzle berkelompok. Selama melaksanakan treatment terlihat adanya suatu peningkatan yang tergambar dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 72,26. Untuk menguji signifikansi t0 maka dilakukan dengan cara membandikan t0 (‟t‟ hitung) dengan tt (‟t‟ tabel), apabila dilihat pada tabel nilai tt taraf 5% maka diperoleh harga kritik nilai sebesar 2,14. Maka hasil nilai t0 besar dari tt yaitu 3,29>2,14. Dengan demikian, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak, artinya strategi belajar kooperatif tipe group investigation berbantuan permainan puzzle berkelompok dapat berpengaruh terhadap perilaku prososial anak dengan teman sebaya di TK Negeri Pembina Kabupaten Tanah Datar.