Abstract:
Deni Eka Putri, 14109 015: Penerapan Bermain Besar Dan Kecil Untuk Meningkatkan Konsep Pengukuran pada Anak di PAUD Bukit Pujan Padang Ganting, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pengenalan konsep pengukuran pada anak. Hal ini terlihat ketika anak belum mengenal benda yang besar dan benda yang kecil. Ini dikarenakan metode ceramah yang digunakan kurang menstimulasi anak sehingga proses pembelajaran kurang efektif, kemudian juga disebabkan karena anak tidak melakukan praktek langsung tentang pengukuran. Salah satu metode yang dapat mengenalkan konsep pengukuran pada anak adalah bermain besar dan kecil. Penelitian bertujuan untuk menerapkan bermain besar dan kecil untuk mengenalkan konsep pengukuran kepada anak di PAUD Bukit Pujan Padang Ganting. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian preeksperimental dengan tipe one group pretest-postest design. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh anak di PAUD Bukit Pujan Padang Ganting, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan dengan jumlah anak 15 anak. Pengambilan sampelnya yaitu samplingjenuh yaitu bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampeldengan jumlah 15 anak. Perlakuan yang diberikan adalah dengan menggunakan bermain besar kecil dalam mengenalkan konsep pengukuran pada anak. Sebelum perlakuan treatment diberikan kepada anak terlebih dahulu diberikan pretest kemampuan pengenalan konsep pengukuran pada anak. Adapun rata-rata hasil pretest adalah 11,46. Setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa penerapan bermain besar kecil, selama melaksanakan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 25,33 meningkat, dan juga dilakukan dengan N-Gain dengan nilai 0,68 kategori sedang.