Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | BETRI OKTOVIA | |
dc.date.accessioned | 2019-05-24T04:32:28Z | |
dc.date.available | 2019-05-24T04:32:28Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2019-01-02 | |
dc.identifier.isbn | 13132010 | |
dc.identifier.isbn | 13132010 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21800484 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | BETRI OKTOVIA / NIM. 13 132 010, Judul Skripsi: “PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK DI TKN PEMBINA KABUPATEN TANAH DATAR”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan menulis anak di TKN Pembina Kabupaten Tanah Datar. Rendahnya kemampuan menulis anak karena guru masih menggunakan kegiatan yang kurang menarik minat anak untuk belajar menulis. Maka peneliti menguji coba kegiatan finger painting terhadap kemampuan menulis anak untuk mengetahui apakah kegiatan finger painting berpengaruh terhadap kemampuan menulis anak di TKN Pembina Kabupaten Tanah Datar. Sesuai dengan masalah di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TKN Pembina Kabupaten Tanah Datar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 105 orang anak, terdiri dari 6 kelompok yaitu kelompok A, B1, B2, B3, B4 dan B5. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelompok B5 dan B4 dengan menggunakan simple random sampling, dimana B5 dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan yang diberikan yaitu kegiatan finger painting. Sedangkan kelompok B4 dijadikan sebagai kelas kontrol. Untuk menguji hasil analisis data statistik, maka didapat bahwa harga“t” hitung untuk kemampuan menulis anak adalah 2,07 dengan df atau db 34, apabila kita lihat pada tabel nilai t dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh harga “t” kritik t sebesar 34 adalah 2,03, jadi 2,07 > 2,03. Kemudian dengan membandingkan hasil dari t hitung (tₒ) dengan t tabel maka dapat dianalisa bahwa t0 besar dari tt (t0 > tt), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, ini berarti bahwa kegiatan finger painting berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis anak di TKN Pembina Kabupaten Tanah Datar. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Pendidikan Dasar | |
dc.subject.ddc | 372 | |
dc.subject.ddc | 372 | |
dc.title | PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK DI TKN PEMBINA KABUPATEN TANAH DATAR | |
dc.type | Skripsi |