Publikasi IAIN Batusangkar

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE FONIK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TANJUNG BARULAK, KECAMATAN TANJUNG EMAS

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author AULIA PUTRI
dc.date.accessioned 2019-05-24T04:32:50Z
dc.date.available 2019-05-24T04:32:50Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-01-02
dc.identifier.isbn 13132007
dc.identifier.isbn 13132007
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800482
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Aulia Putri, NIM. 13 132 007, Judul Skripsi: “Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Fonik Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas”, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pada anak dalam pengenalan bacaan di TK Aisyiyah Tanjung Barulak. Rendahnya kemampuan membaca anak sebagai akibat dari Metode yang digunakan guru kurang memberikan hasil yang maksimal. Penggunaan metode fonik peneliti pilih sebagai salah satu solusinya, karena metode fonik memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan membaca anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode fonik dapat meningkatkan kemampuan membaca pada kelompok B di TK Aisyiyah Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas. Tujuan diadakan penelitian adalah Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode fonik dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan tipe one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa TK Aisyiyah Tanjung Barulak dengan teknik sampel total sampling yang berjumlah 12 orang anak. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar observasi tentang kemampuan membaca pada anak.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan diolah dengan uji peningkatan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan metode fonik terhadap kemampuan membaca pada anak, dengan df atau db 11, apabila kita lihat pada tabel nilai t dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai “t” lebih besar dari pada tt yaitu: 13,87>2,20. Kemudian dengan membandingkan hasil dari t hitung (tₒ) dengan t tabel maka dapat dianalisa bahwa t0 besar dari tt (t0 > tt), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya metode fonik dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Aisyiyah Tanjung Barulak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan Dasar
dc.subject.ddc 372
dc.subject.ddc 372
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE FONIK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TANJUNG BARULAK, KECAMATAN TANJUNG EMAS
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku