Abstract:
Adiayati Yumna, 14 109 001: Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Dalam pembelajaran keterampilan proses sains di TK Puti Bungsu, guru lebih sering menggunakan metode pemberian tugas, dengan menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA) dan majalah PAUD sehingga kurang menarik minat anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains kepada anak di TK Puti Bungsu Kec. Tanjung Emas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain penelitian pre-eksperimental dengan tipe one group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B di TK Puti Bungsu Kec. Tanjung Emas yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah anak 29 anak. Sampelnya kelompok B1 terdiri dari 16 anak. Sebelum perlakuan/treatment diberikan kepada anak terlebih dahulu diberikan pretest. Adapun rata-rata hasil pretest adalah 13,7, setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa penerapan metode ekperimen, selama melaksanakan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 26,7.Untuk menguji signifikansi t0 dengan cara membandingkan t0 dengan tt, apabila dilihat pada tabel nilai tt taraf 1% maka diperoleh harga kritik nilai sebesar 2,98. Maka hasil dari nilai t hitung yaitu 24,07>2,98. Dengan demikian, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak, artinya metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada anak di TK Puti Bungsu Kec. Tanjung Emas, Kab, Tanah Datar.