Abstract:
Yulizar, NIM. 14 105 078 Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Melalui Tutor Teman Sebaya untuk Kemampuan Pemahaan Konsep Matematis di SMPN 3 Batipuh”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belum memuaskan dalam pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa terlihat pada jawaban siswa yang belum mampu menyelesaikan soal dengan benar, siswa tidak mampu menyatakan ulang sebuah konsep, memberi contoh dan non contoh dari sebuah konsep, menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis, serta siswa tidak mampu mengeluarkan ide-ide dan pendapat terhadap soal yang diberikan. Selama pembelajaran, siswa terlihat belajar secara individual dan lebih berani bertanya maupun menyampaikan ide kepada teman yang lebih pandai. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IX SMPN 3 Batipuh yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) melalui tutor teman sebaya lebih baik dari pada pebelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperiment dan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Adapun sampel yang digunakan diambil dengan teknik Probability Sampling yaitu teknik simple random sampling. Sampel dipilih secara random dari populasi penelitian yaitu siswa kelas IX SMPN 3 Batipuh tahun pelajaran 2017/2018 sehingga diperoleh kelas IX1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui tutor sebaya dan kelas IX2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk mengambil data dari sampel, digunakan tes pemahaman konsep matematis berupa tes essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis, diperoleh rata-rata hasil tes belajar pada kelas eksperimen adalah 74,60 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 53,97. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 4,775 dan t tabel 1,645, karena t hitung > t tabel maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) melalui tutor teman sebaya lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan pada pembelajaran konvensional di SMP N 3 Batipuh.