Abstract:
WINDA RAHMATUL FAJRI. NIM, TMM 13 105 098 Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together(NHT) Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VII SMPN 2 Tanjung Baru”. Program Sarjana Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian Ini Didasarkan Pada Permasalahan Yang Peneliti Temukan Di Kelas VII SMPN 2 Tanjung Baru, Yaitu Rendahnya Kemampuan Penalaran Siswa Yang Disebabkan Oleh Beberapa Faktor, Diantaranya Adalah Pembelajaran Yang Masih Terpusat Pada Guru Dan Siswa Hanya Bisa Mengerjakan Apa Yang Diberikan Contoh Oleh Guru. Selain Itu Siswa Merasa Kurang Senang Belajar Matematika Sehingga Tidak Terciptanya Pembelajaran Yang Efektif.Penelitian Ini Bertujuan Untuk Melihat Apakah Terdapat Pengaruh Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa. Jenis Penelitian Yang Peneliti Gunakan Adalah Penelitian PraEksperimental. Rancangan Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah One Group Pretest-Posttest Design. Rancangan Penelitian Ini Hanya Membutuhkan Satu Lokal. Pada Awal Dilakukan Pretest, Lalu Dikenakan Perlakuan Untuk Jangka Waktu Tertentu Kemudian Dilakukan Posttest Dengan Instrumen Yang Sama. Populasi Pada Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas VII SMPN 2 Tanjung Baru Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik Pengambilan SampelDilakukan Dengan Probability Sampling Dengan Teknik Simple Random Sampling. Jumlah Populasi Yang Diteliti Berjumlah Dua Kelas, Dan Sampel Yang Dibutuhkan Hanya Satu Kelas Yaitu Kelas Eksperimen.Instrumen Yang Digunakan Pada Penelitian Ini Adalah Tes Kemampuan Penalaran Siswa. Tes Kemampuan Penalaran Dianalisis Secara Statistik Deskriptif ( N- Gain). Berdasarkan Hasil Penelitian, Diperoleh Jumlah Siswa Yang Memperoleh Skor Gain Rendah Sebanyak 10 Siswa (47,62%), Mendapatkan Skor Gain Sedang Sebanyak 9 Siswa (42,86%) Sedangkan Skor Gain Tinggi Sebanyak 2 Siswa (9,52%). Hasil Perhitungan Skor Gain Rata-Rata Untuk Seluruh Siswa Didapatkan Sebesar 0,34 Yang Berkategori Sedang. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Perolehan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Meningkat Setelah Mendapatkan Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Saintifik.